Home / Death Note / SINOPSIS Death Note 07 part 1

SINOPSIS Death Note 07 part 1

Sinopsis dorama Death Note episode 07 part 1. Orang yang namanya ditulis dalam buku ini akan mati. Orang yang kehilangan hak kepemilikannya atas Death Note juga akan kehilangan ingatannya yang berkaitan dengan Death Note. Akan tetapi, jika pemiliknya mendapatkan Death Note untuk kedua kalinya ingatannya tentang Death Note itu akan kembali.

Death Note 7101

Det.Yagami menculik Light dari kediaman L. Sebuah langkah nekat dilakukannya untuk membuktikan kalau Light bukanlah ‘Kira’. (baca di SinopsisDeath Note episode 06)

Light dan det.Yagami kembali ke kediaman L. Meski sudah setuju untuk tidak menganggap Light sebagai Kira, L masih saja mengatakan kata-kata sindiran keras pada Light.

“Kita ingin membuktikannya kalau kau tidak bersalah kan?” sindir L.

Light naik pitam, “Jangan mempermainkan perasaan orang lain!” Light nyaris memukul L kalau ia tidak ditahan oleh para polisi. “Dia selalu mencurigaiku ! Saat dia mencurigaiku seperti ini, “Kira” sedang membunuh orang!”

“Kalau begitu, setelah “Kira” itu tertangkap, aku akan mempercayaimu 100%,” tantang L. L memasangkan borgol dengan rantai ke tangan Light dan tangannya sendiri.

Death Note 7102

Atas permintaan det.Mogi, rapat kembali dimulai. Mereka membahas soal pesan yang kemarin didapat para polisi, seseorang yang mengaku kenal dengan L.

Dari data, ada tiga orang yang dibunuh oleh Kira, bukanlah para criminal. Kematian mereka bertiga ini menghasilkan efek luar biasa untuk perusahaan Yotsuba. Kesimpulan sementara, tujuan Kira sebenarnya bukan untuk membunuh orang jahat. Jadi penghakimannya selama ini hanyalah kamuflase.

Death Note 7103

L kembali ke depan laptopnya, “Awalnya aku mengira “Kira” adalah seorang mahasiswa. Profilnya sebagai mahasiswa menggunakan kekuatan itu untuk kepentingan dirinya sendiri.” L meminta Watari menunjukkan data milik perusahaan Yotsuba.

Yotsuba Japan Group, didirikan tahun 1949. Menurut informasi finansialnya, awalnya aset mereka di dapatkan dari produksi rudal, kemudian meluas hingga menjadi perusahaan besar.

Sementara itu di tempat lain …

Para petinggi perusahaan Yotsuba melakukan pertemuan. Kali ini sasaran mereka kembali pimpinan perusahaan lain. Penyebab kematian yang direncakan adalah kecelakaan. Mereka sepakat untuk meminta Kira melakukannya.

Tapi ada perpecahan di antara para petinggi itu. Mereka tahu kalau di kepolisian ada seorang detektif hebat bernama L. Tapi mereka juga telah menyewa detektif lain untuk memata-matai kepolisian.

Kembali ke kediaman L …

Kira yang membuat perusahaan Yotsuba makmur. Kalau Kira terlibat dalam perushaan Yotsuba, artinya mereka menggunakan Kira untuk membuat perusahaan nya sukses, atau “Kira” tidak memiliki hubungan apa-apa dengan perusahan itu.

“Dilihat dari caranya membunuh, kita selidiki lebih dalam perusahaan Yotsuba,” putus L.

Light pertama kali pasang badan, “Aku akan membantu. Aku juga ingin menangkap Kira. Aku ingin merasakan perasaan mencurigai seseorang sama seperti saat aku dicurigai oleh Ayah dan Ryuga.”

“Tapi, kau masih mahasiswa,” sergah det.Mogi.

“Dia bukan mahasiswa biasa,” kali ini L yang bicara. “Aku jamin dia memiliki bakat. Ayo kita tangkap Kira bersama, dan selesaikan semua ini.” L bangun. Ia mengambil kunci dari sakunya dan melepas borgol di tangan Light. L kemudian menyodorkan tangannya pada Light, meminta kesepakatan.

Death Note 7104

Det.Yagami menemui atasannya. Ada laporan kalau seorang jaksa minta bertemu dengan Amana Misa. Padahal informasi soal penahanan Misa tidak pernah disebarkan pada siapapun. Ada kebocoran informasi rupanya.

“Bagaimana dengan penyelidikan “Kira” ?”

“Saat ini belum ada kemajuan.”

Death Note 7105

Det.Yagami makan siang bersama det.Mogi. Ia bercerita kalau terpaksa harus melaporkan soal perusahaan Yotsuyba pada atasan.

Det.Yagami tampak masih terganggu dengan Light yang bergabung dengan penyelidikan. Ia mengkhawatirkan Light. Meski di sisi lain, det.Mogi justru tampak antusias dengan bergabungnya Light.

Death Note 7106

L mengajak Light menuju ruangan Misa. Tapi ia masih saja mencari tahu soal Light.

“Light-kun mau jadi PNS ya? Kau tidak mau menjadi polisi? Waktu kecil, kau mengaguminya kan?” tanya L.

Light tampak berpikir, “Dulu waktu ibu meninggal juga, ayahku menangkap penjahat. Ayah harus menderita karena harus mengorbankan keluarga demi keadilan. Sekarang mungkin aku mengerti. Karena sekarang aku juga memiliki perasaan yang sama dengan ayah. Aku akan menangkap Kira.”

Death Note 7107

Light disambut pelukan Misa saat sampai di ruangan gadis itu. Meski Misa menghambur, tanggapan Light dingin pada Misa. Misa merengek karena selama ini dikurung di ruangan.

“Light-kun. Kau ingat kapan kalian mulai pacaran ? Bagaimana denganmu, Amane-san ?” pancing L.

Misa menatap Light yang tidak memberikan jawaban apapun, “Oh iya, kapan ya.”

L duduk di kursi yang ada di ruangan itu, “Sudah kuduga. Kira bisa mengendalikan sifat orang. Artinya Light-kun dan Amane-san, telah dikendalikan oleh Kira. Ini menjelaskan kenapa sifat kalian berdua berubah saat di ruang tahanan kemarin. Contohnya, ingatan kalian di hapus saat menjadi Kira, dan kekuatan itu bisa diberikan kepada orang lain.” L mencoba menggali ingatan Light. Pertama soal Lind L Taylor, penjahat yang menyamar jadi L dan meninggal. Lalu penyelidik FBI, Raye Panber yang ditemui Light saat pembajakan bis. “Kau tidak ingat pernah membunuh mereka?”

Light tampak tidak suka, “Aku bisa marah lho, kalau kau mengatakan hal yang aku tidak ingat.”

Death Note 7108

Kembali ke ruangan utama.

Polisi menujukkan daftar nama orang yang meninggal, berkaitan dengan perusahaan Yotsuba akhir-akhir ini. Nama-nama itu adalah orang-orang penting. Sebagian dari mereka meninggal karena kecelakaan. Meski demikian, belum pasti kalau Kira tidak ikut campur.

Data selanjutnya menunjukkan 8 orang petinggi perusahaan Yotsuba. Pimpinannya bernama Oi Takeshi. Mereka dilaporkan bertemu secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. Tapi tanpa bukti yang jelas, polisi tidak bisa menggerebek mereka.

“Kita tidak membutuhkan surat perintah lho,” ujar L. Ia menunjukkan jika perusahaan itu tengah membuka audisi. L berniat memanfaatkan Misa untuk ikut audisi. “Dia hanya akan mengikuti audisi seperti biasanya. Kita akan menggunakannya untuk menyelinap ke perusahaan Yotsuba, karena kita membutuhkan strategi untuk mengungkap hubungan mereka dengan “Kira”.”

Watari memberikan setumpuk pakaian pada Light. L seenaknya sendiri memutuskan kalau Light yang harus menyamar dalam rencana ini.

Death Note 7109

Rapat petinggi perusahaan Yotsuba …

Ada laporan tentang kematian petinggi perusahaan lain, tewas karena kecelakaan. Mereka membahas tentang kepolisian dan juga detektif yang disewa, detektif Babel.

“Tapi, kita memang membutuhkan Detektif Babel.”

Layar di depan mereka berubah menjadi huruf B, detektif Babel, “Aku merasa terhormat karena kalian telah menggunakanku. Semua elit Yotsuba Japan Group, Perkenalkan, saya Babel.”

Death Note 7110

Misa tengah berdandan di mobilnya. Sementara Light juga bersiap di samping Misa. Sementara itu, si polisi muda Matsuda tengah merapal nama yang harus digunakannya dalam penyamaran ini. Ia dibentak rekannya karena masih gugup.

“Kalian siap ? Saat ini aku tidak akan membiarkan kalian bilang tidak lho.”

Misa tampak sangat bersemangat, “Maksudku, setelah lulus audisi…Aku bisa tampil di CM kan ?”

“Silahkan berbuat sesuka hatimu.”

Sementara itu, L bersama det.Yagami memantau mereka dari kediaman L. L khawatir dengan Light. Dalam misi ini, tugas Light terlalu berat dibanding yang lain.

Death Note 7111

Light, Misa dan Matsuda masuk ke gedung. Matsuda berperan sebagai manager Misa dan Light sebagai make-up artisnya. Setelah mendapat kartu pas tamu, mereka menuju lantai 25. Di atas, Light memisahkan diri dan masuk ke toilet. Sementara Misa dan Matsuda menemui para petinggi Yotsuba, Light berganti pakaian di toilet.

Death Note 7112

Wawancara dimulai. Rupanya tas yang dibawa Matsuda dilengkapi dengan kamera kecil. Tapi sayangnya Matsuda diusir keluar. Tapi L sudah mempersiapkan semuanya. Ia juga memasukkan kamera kecil lain ke tas yang dibawa Misa.

L, det.Yagami dan Makimur mengamati mereka semua dari kediaman L. Keempatnya dikenali sebagai para petinggi perusahaan Yotsuba.

Sementara Misa menghadapi para pewawancara, L memandu Light. Tapi dasar L iseng, ia membuat Light nyaris salah masuk ruangan. Tapi akhirnya Light menemukan ruangan pertemuan yang dimaksud.

Death Note 7113

“Amane Misa-san, kami akan memberikan pertanyaan untuk masa depan anda di perusahaan kami,” ujar salah satu pria itu.

Tapi, ternyata bukan mereka yang mewawancarai Misa. Layar di depan Misa menunjukkan huruf B. Detektif Babel-lah yang langsung mewawancarai Misa. “Anda ditahan kepolisian karena dicurigai sebagai “Kira” kedua kan ? Kenapa anda bisa bebas?”

L menyimak semuanya dari kediamannya, “Babel ada di sana.” komentarnya santai.

Watari yang ikut menjelaskan, “Termasuk dalam 4 Detektif dunia, selain “L”, Erald Coil, dan Marie Deneuve.”

“Tidak, Coil dan Deneuve adalah aku,” potong L. “Dia orang kedua, yang sangat merepotkan.”

Pertanyaan untuk Misa sepenuhnya dari detektif Babel ini. Interogasinya justru membuat Misa mengatakan semua yang dia tahu selama masa penahanannya.

Death Note 7114

Light sampai di ruang pertemuan yang dituju. Dengan tangga, L naik dan memasang sejumlah kamera. Tapi di luar, seorang penjaga kemanan curiga. Ruang pertemuan yang harusnya tidak terkunci, ternyata terkunci. Berkejaran dengan si penjaga kemanan, Light berusaha memasang peralatan itu.

Tahu situasi tidak menguntungkan, det.Yagami dan det.Mogi meminta Light untuk mundur saja. L sendiri tidak memberikan saran apapun. Tapi justru Light yang bersemangat. Ia masih tidak mau mundur. Light ingin menyelesaikan tugasnya ini.

Ia berhasil lolos keluar tapi ternyata si penjaga kemanana menyadarinya. Kejar-kejaran terjadi. Light turun lewat tangga darurat. Nyaris saja ponselnya yang jatuh tertinggal. Tapi Light masih cukup cepat untuk melarikan diri, dari lantai 25!

Death Note 7115

Light berhasil selamat dan kembali ke mobil. Ia bersama yang lain berhasil kembali ke kediaman L. Saat itu, kamera yang dipasang Light sudah berfungsi. Pertemuan para petinggi perusahaan Yotsuba dimulai.

“Kalau kita mempercayai kata-kata Amane, musuh kita jadi 6 orang,” ujar salah seorang petinggi itu.

“Masalahnya apakah kita akan menghaibsi Amane atau tidak ?” tanya yang lain.

“Kalau dia adalah “Kira” kedua, pasti dia kenal dengan “Kira” kan ?”

Mereka akhirnya memutuskan kalau urusan Misa diserahkan pada Kira. Dan pembicaraan selanjutnya menyangkut calon korban selanjutnya dari Kira. Sasaran mereka kali ini adalah MGY inc, pemiliknya Brady K Frederick.

Para polisi di tempat L dibuat tercengang dengan para pimpinan perusahaan ini. Begitu mudahnya mereka menentukan korban mereka termasuk cara pembunuhannya. Polisi berniat menjadikan video rekaman itu sebagai bukti untuk menangkap mereka. Sayangnya, L tidak setuju. L berpikir untuk menyelidiki mereka lebih dalam dulu. Ide ini jelas ditolak oleh para polisi. Mereka tidak bisa membiarkan ada yang meninggal lagi.

“Ryuga, yang akan mereka bunuh itu bukan kriminal,” protes Light.

“Jadi menurutmu kalau kriminal boleh dibunuh? Sudah kuduga, cara berpikirmu mirip seperti “Kira”,” komentar L.

Saat itu det.Babel ikut campur. Ia memberikan saran kalau rencana mereka kali ini ditunda dulu, karena mereka masih diawasi polisi. Para petinggi itu pun setuju.

“Dengan begini, mereka belum membunuhnya. Sekarang kita boleh menyelidikinya kan ?” sambung L saat melihat rekaman itu.

Akhirnya para polisi juga setuju untuk menunda penangkapan dan melakukan penyelidikan lebih dalam lagi.

“Ah, aku lupa bilang. Babel itu kenalanku. Orang yang otaknya sama sepertiku,” sambung L.

Para polisi kemudian sadar. Informasi soal perusahaan Yotsuba yang selama ini mereka dapat dari kenalan L, adalah dari det.Babel ini.

“Aku dan Watari memanggilnya Near. Near, kerja bagus!” puji L.

Di tempat lain, seorang berambut putih tengah asyik memandangi laptopnya. Ia memilin-milin rambutnya dan tersenyum. Dialah Near.

BERSAMBUNG

Sampai jumpa di Sinopsis dorama Death Note episode 07 part 2

Picture and written by Kelana

FP: elangkelanadotnet twitter : @elangkelana_net

About Kelana

fulltime blogger, parttime tentor, dreamer

One comment

  1. tiap pemain kan punya interpretasi sendiri thdp karakter yg dimainkannya
    termasuk disini, ada campur tangan sutradara
    dan selera orang masing2 jg beda2, hehehe
    selamaat menikmati aja

Leave a Reply

Scroll To Top