Home / Death Note / SINOPSIS Death Note 06 part 1

SINOPSIS Death Note 06 part 1

Sinopsis Death Note episode 06 part 1. Terimakasih buat yang sudah setia menunggu sinopsis episode kali ini tayang ya, hehe. Misa ditangkap oleh L. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, mereka menemukan bukti jika Misa kemungkinan besar adalah Kira Kedua. Bagaimana Light akan menyelamatkan Misa?

Orang yang namanya ditulis dalam buku ini akan mati. Jika penyebab kematian tidak dispesifikasikan orang tersebut hanya akan mati karena serangan jantung. Orang yang kehilangan hak kepemilikannya atas Death Note juga akan kehilangan ingatannya yang berkaitan dengan Death Note.

Det.Yagami bertemu dengan atasannya di markas. Dan entah bagaimana caranya L meyakinkan, sang atasan meminta det.Yagami untuk meneruskan penyelidikan. Ia bahkan minta agar segera mencari tahu soal Kira kedua ini, cara membunuhnya dan memastikan jika yang ditangkap adalah benar Kira kedua.

Death Note 6101

Misa ditahan di sebuah tempat dengan seperangkat peralatan dan diawasi langsung oleh L. L terus saja berkeras agar Misa mengakui dirinya sebagai Kira kedua. Tapi, Misa berkeras untuk dipanggilan managernya. L tidak perduli dan terus saja menekan Misa. Bahkan saat diprotes oleh det.Mogi, L bergeming dengan keputusannya. L justru menantang det.Mogi untuk menginterogasi langsung Misa dengan resiko bisa saja terbunuh.

L meyakini kalau Misa benar kira kedua. Ia yakin kalau Kira yang asli tidak akan pernah meninggalkan bukti dalam setiap aksinya. L terus saja memaksa Misa untuk mengaku. “Kau sedang melindunginya? Kau tidak mau hidupmu yang sekarang hancur, karena masalah ini kan ?”

Death Note 6102

Light masih berpikir di kamarnya. Sementara itu, Ryuk terus saja mengompori Light soal Misa. Menurut Ryuk, sebaiknya Light melenyapkan Misa saja karena bisa saja Misa akan mengakui semuanya kalau sudah tidak tahan dengan siksaan saat interogasi.

Light mengingkarinya, kepolisian Jepang tidak mungkin melakukan penyiksaan selama interogasi. Tapi Ryuk mengingatkan, dia adalah L, bukan kepolisian. Light memikirkan hal itu.

Death Note 6103

Det.Yagami baru kembali ke kediaman L dan menayakan apa yang sudah dikatakan L pada kepala polisi. L dengan santainya menjawab kalau masalah interogasi sudah diserahkan semuanya padanya. Tampaknya para petinggi kepolisian ketakutan akan jadi korban berikutnya karena ‘Kira’ ini bisa membunuh hanya dengan melihat wajah calon korbannya saja.

Ponsel det.Yagami berbunyi, dari Light. Dari seberang, terdengar suara Light yang mengkhawatirkan Misa. Ia meminta ayahnya agar melepaskan Misa, karena Misa bukan Kira. Tapi ide ini ditolak oleh det.Yagami, karena semua akan diputuskan oleh kepolisian.

Tahu yang menelepon adalah Light, L sengaja mengeraskan suaranya agar Light ikut mendengar, “Amane-san. Kau tau identitas “Kira” yang sebenarnya kan ?”

Sementara itu, Light yang menunggu di kamarnya, terus dikompori oleh Ryuk agar membunuh Misa sebelum semuanya terlambat. Tapi Light masih menahan diri.

Death Note 6104

L melanjutkan ucapannya untuk mengintimidasi Misa. “Kau tidak mau bicara, karena takut akan dibunuh oleh “Kira”? Atau, karena kau mencintainya? Tapi apa “Kira” benar-benar mencintaimu? Tidak, aku yakin dia hanya menganggapmu sebagai alat. Kalau begitu, haruskah aku yang mengatakannya ? Identitas “Kira” adalah, Yagami Li- “ ucapan L terputus.

Misa teringat dengan ucapan Light saat mereka bicara di atap gedung. Light mengancam, kalau Misa mengatakan tentang Kira pada orang lain, maka Light sendiri yang akan membunuh Misa. Misa tidak punya pilihan, keduanya hanya akan membawanya pada kematian, “Bunuh aku. Cepat bunuh aku!”

“Misa..Apa itu artinya kau menyerah dan mengaku sebagai “Kira” kedua ?” tantang L.

“Kau bisa membunuhku kan ?” tanya Misa lagi.

Ucapan Misa ini dipahami oleh Light dari seberang. Light berpikir kalau sebenarnya Misa tengah bicara pada shinigaminya, Rem. Ini membuat L heran, dengan siapa Misa bicara. Tapi Misa sudah tidak peduli dengan ucapan L. Ia sudah memutuskan takdirnya sendiri untuk memilih mati.

“Ayah ! Tolong lepaskan Misa ! Cepat selamatkan dia atau dia akan benar-benar mati!” pinta Light dari seberang.

“Kenapa kau bicara begitu ?” det.Yagami curiga. Karena tidak ada jawaban dari Light, det.Yagami pun memutus pembicaraan.

Rem yang diajak bicara oleh Misa mendekat. Ia menanyai Misa sekali lagi soal keputusannya untuk mati. Misa sama sekali bergeming, ia sudah yakin. Semua karena rasa cintanya yang dalam pada penyelamatnya, Kira. Rem akhirnya setuju. Rem mengulurkan tangannya pada Misa dan …

Death Note 6105

Kepala Misa mendadak terkulai. Ia tidak lagi bergerak. Seisi ruangan heboh, kecuali L. det.Mogi segera melihat keadaan Misa. Ia mengecek leher Misa dan menguncang-guncangkan tubuhnya. Setelah beberapa lama, Misa akhirnya sadar kembali.

“Jangan sentuh aku! Ini tindakan criminal tuan penguntit!” teriak Misa. Kali ini ia justru membahas hal lain.

L yang masih menyaksikan dari mejanya meminta det.Mogi keluar. L heran karena ucapan Misa berubah seketika. Misa bahkan berjanji akan memberikan tanda tangan, jabat tangan dan cium pipi untuk si penguntit, asal dirinya dilepaskan. L tidak mengerti dengan apa yang terjadi pada Misa. Saat ditanya kenapa Misa ditahan, Misa menjawab kalau ia ditahan oleh si penguntit.

Death Note 6106

Rem datang ke kamar Light. Ia menjelaskan kalau ia yang telah mencabut kepemilikan Death Note Misa. Dan efeknya, ingatan Misa tentang Death Note akan hilang. Selain itu, kekuatan mata shinigami Misa juga akan ikut hilang bersama hilangnya kepemilikan Death Note. Lalu identitas Light sebagai Kira juga tidak akan diingat oleh Misa. Tetapi ironisnya, rasa cintanya pada Light akan tetap ada. “Aku tidak bisa melihatnya menderita lebih dari ini.”

“Shinigami tidak boleh memiliki rasa simpati dengan manusia. Dasar Shinigami gagal!” sindir Ryuk yang langsung ditimpali Light yang menyuruhnya diam.

“Dengar, Yagami Light, yang diincar oleh “L” adalah kau. Selama kau masih dicurigai, Misa tidak akan bisa keluar dari sana. Aku akan memberikan catatan ini kepadamu. Kau harus menyelamatkan Misa! Kalau kau tidak bisa, aku akan membunuhmu !” ancam Rem

Light menerima Death Note milik Misa. Kini ia punya dua Death Note sekaligus. Light sendiri masih belum memutuskan akan melakukan apa pada dua Death Note itu.

Sementara itu informasi soal penangkapan Kira kedua juga sampai pada jaksa yang pernah menangani kasus Misa, jaksa Mikami. Jaksa muda ini tampak serius memikirkannya. Ia mencurigai sesuatu. (si jaksa ini lumayan cakep ya, hehehe. Tapi … masih kalah manis sih, sama dedek L yang beronis itu, ups)

Death Note 6107

Watari baru saja datang dan melapor pada L kalau ia sudah mengurus soal Misa. Mereka merekayasa agar Misa seolah sedang berada di Hollywood untuk audisi film. Manager Misa awalnya tidak setuju, tapi dengan sejumlah trik, Watari berhasil membuatnya setuju.

L kemudian beralih pada Misa. L bertanya soal Light pada Misa. Tanpa beban, Misa menjawab soal Light. Ingatan Misa terhadap Light tidak hilang. Misa yang curiga pada ‘tuan penguntitnya’ ini meminta L untuk tidak menyakiti Light.

L lalu meminta det.Yagami untuk membawa Light ke markas mereka. Ide ini mendapat penolakan dari para polisi yang lain. Terutama det.Mogi dan si polisi muda, Matsuda yang terus membela Light dan beranggapan kalau Light bukanlah Kira.

L bangun dari mejanya dan menuju papan tulis tidak jauh dari tempatnya semula, “Seorang penyidik FBI yang dikenal sebagai Raye Penber, tewas karena serangan jantung saat menyelidiki Light-kun. Dan seorang penguntit bernama Yukida Tsutomu yang telah menyerang “Kira” kedua, atau amane Misa juga memiliki hubungan dengan Light-kun.”

Det.Yagami tidak mau memperpanjang perdebatan. Kali ini ia setuju dengan ide L.

Death Note 6108

Det.Yagami pulang ke rumahnya untuk mencari Light. Tapi ternyata hanya ada Sayu di ruma. Sayu menunjukkan sebuah surat yang ditinggalkan oleh Light untuk mereka.

Untuk Sayu. Urusan rumah dan ayah, aku serahkan padamu. Aku mau menghabiskan liburan musim panas ini dengan jalan-jalan. Light

Sayu bertanya pada ayahnya soal surat itu. Tapi det.Yagami juga tidak bisa mengatakan apapun. Ia sendiri juga tidak tahu, apa yang dipikirkan Light, di mana ia sekarang dan apa yang tengah dilakukannya.

Death Note 6109

Light menuju sebuah hutan yang cukup gelap. Ia menggali tanah di bawah sebuah pohon. Light lalu membungkus Death Note merah muda milik Misa di sebuah plastic, memasukkannya ke dalam kotak besi dan menguburnya di dalam tanah. Ryuk dan Rem hanya bisa dibuat heran dengan sikap Light. Tapi Light mengaku kalau ia melakukan semua ini agar bisa menghilangkan kecurigaan terhadap dirinya dan terhadap Misa.

Ryuk masih belum menyerah. Ia terus mengimpori Light soal ‘selamat tinggal untuk Kira’. Light teringat dengan dirinya yang dulu. Ia dulu bukan siapa-siapa dan tidak peduli dengan apa yang terjadi di dunia. Tapi, sejak mendapat Death Note, ia merasa berbeda. Sekarang ia peduli semua itu.

“Rem, aku butuh bantuanmu. Yang kukatakan sekarang, adalah untuk menyelamatkan Misa,” ujar Light serius.

Death Note 6110

Det.Yagami kembali ke kediaman L. Berdasarkan informasi, tidak ada tanda-tanda kalau Light pergi keluar negeri. Selain itu, Light juga tidak datang ke kampus ataupun ke tempat kerja sambilannya.

Tapi ucapan Watari mengagetkan mereka semua. Watari menunjuk rekaman dari kamera di depan kediaman L, “Dia datang!”

“Watari, matikan video penahanan Amane dan bawa Light kesini!” perintah L kemudian.

Death Note 6111

Sesuai perintah L, Watari membawa Light masuk. Saat ditanya dimana keberadaannya kemarin, Light mengaku jika dirinya sedang ingin sendiri. Ia pun bertanya pada L soal keadaan Misa. Tapi dijawab L dengan enggan. Soal surat yang ditinggalkan Light di rumah, itu hanya caranya agar tidak membuat adiknya, Sayu khawatir.

“Ayah. Aku adalah “Kira”!” Light membuat pengakuan. Seisi ruangan dibuat kaget dengan ucapan Light ini. Light mulai frustasi. Ia berpikir, kalau L adalah detektif terbaik di dunia, maka tuduhan tentang Kira padanya pasti benar. “Aku memang tidak merasakannya, tapi mungkin aku adalah “Kira”. Dia telah benar-benar mencurigaiku sebagai “Kira”, sampai melibatkan Misa. Aku…Aku tidak bisa mempercayai diriku sendiri. Jangan-jangan saat aku tidur, mungkin saja orang lain dalam diriku yang membunuh para krimial i-“

Tapi ucapan Light segera dibantah yang lain. Selama ini mereka terus mengawasi Light, bahkan saat dirinya tidur. Light akhirnya menantang L untuk menginterogasinya hingga puas.

“Kalau L sudah mengatakan sampai sejauh itu, aku akan bekerja sama dengan kalian dalam masalah apapun. Sampai aku meyakinkan kalian semua kalau aku bukan “Kira”. Aku sendiri juga tidak yakin, tapi, aku ingin kalian menginterogasiku!”

L menanggapi ide Light dengan santai. Ia kemudian setuju dan meminta polisi yang lain memasukkan Light ke ruangan yang berbeda dengan Misa untuk dilakukan interogasi lebih lanjut. Light mengajurkan syarat kalau terbukti dirinya bukan Kira, maka ia minta agar Misa dilepaskan. L enggan, soalnya Misa terbukti menulis surat ancaman pada polisi. Tapi Light berkeras. L akhirnya setuju, hingga ia sudah tidak mencurigai Light lagi nantinya.

Sementara polisi lain membawa Light ke sebuah ruangan, L meminta det.Yagami untuk keluar dari penyelidikan. Det.Yagami tidak berkomentar apapun. Dia setuju dan langsung keluar ruangan. Light sudah berganti pakaian. Tangan dan kakinya bahkan diborgol. Ia kemudian masuk ke sebuah ruangan gelap dengan sebuah ranjang di salah satu sisinya.

“Selanjutnya, tinggal menunggu ingatanku tentang Death Note itu hilang,” ujar Light dalam hati. Apa yang sebenarnya direncanakan oleh Light?

Death Note 6112

Sementara itu, di luar, masyarakat mulai resah. Mereka heran karena belakangan Kira tidak muncul untuk melakukan aksinya. Mereka tidak tahu apapun soal Kira. Berita lain membahas soal Misa. Aktivitas grupnya, Ichigo Berry mendadak dihentikan. Selain itu ada berita juga Misa keluar negeri untuk melakukan audisi film.

Hari ke-4 penyelidikan.

L menanyai Light soal Kira. Light mengaku kalau dirinya berpikir sebagai Kira sejak L terus mencurigainya. Light mulai frustasi. Ia ingin segera keluar dari ruangan itu. Sementara itu, Ryuk juga datang. Ia bertanya apakah Light sudah membuang kepemilikannya atas Death Note. Tapi, Light mengabaikan Ryuk. Artinya, belum. Light bertanya pada L apakah ‘penghukuman’ yang dilakukan oleh Kira masih berlanjut. Meski sebenarnya ada beberapa laporan criminal yang tewas, L berbohong pada Light dan mengatakan kalau tidak ada satupun yang tewas.

“Benarkah ?” Light tidak percaya.

L tenggelam dalam pikirannya, “Ini aneh. Meskipun Yagami Light tertangkap, penghukuman dari “Kira” masih terus berlanjut. Kupikir ini akan menjadi sempurna.”

Hari ke 5

L terus saja mengintimidasi Light. Sementara itu Light tampak semakin frustasi di dalam. Di luar, pembunuhan yang dilakukan oleh Kira ternyata masih terus berlanjut. Di belakang, para polisi masih terus berbisik-bisik soal Light. Mereka prihatin dengan keadaan Light. Tapi yang lain berpikir, kalau yang paling menderita sebenarnya justru ayah Light, det.Yagami.

Death Note 6113

Dugaan para polisi itu benar. Meski berada di rumah, det.Yagami tampak memikirkan sesuatu. Pikirannya tidak berada di sana. Saat Sayu bertanya soal kakaknya, det.Yagami meminta Sayu untuk percaya saja jika kakaknya pergi jalan-jalan.

Death Note 6114

Hari ke-6 penahanan Light.

Dalam hatinya Light membatin, “Masih belum?” rupanya Light menunggu sesuatu. Apa yang sebenarnya dibicarakan Light dengan kedua shinigami itu?

Di tempat lain, jaksa Mikami yang penasaran memeriksa sejumlah berita. Pada tanggal 27 Juli, ada laporan yang menyebutkan seseorang telah ditangkap karena diduga sebagai “Kira”. Hari itu hari yang sama dengan saat Misa mendadak menghilang. Setelahnya, aktivitas grup Misa, Ichigo Berry juga dihentikan. Dan lalu muncul berita kalau Misa sedang keluar negeri untuk audisi film.

Death Note 6115

Hari ke-8 penahanan Light.

Kira kembali beraksi. Laporan mengenai terbunuhnya sejumlah penjahat yang telah diumumkan, bermunculan. Melihat situasi Light, para polisi menyimpulkan kalau ini bukan disebabkan oleh Light. Mereka sepakat kalau Light bukanlah Kira.

“Mungkin saja “Kira” ketiga juga muncul kan? Kita akan tau itu kalau sudah menangkap “Kira”,” komentar L dengan santainya.

Matsuda berniat memberitahukan pada Light soal ‘ulah’ Kira kali ini. Tapi L buru-buru menahannya, ia minta agar Light tidak diberi tahu apapun. det.Mogi akhirnya mengajak rekan-rekannya ini untuk mendatangi TKP kasus kematian para penjahat. Hanya Matsuda yang ikut. Sementara itu, dua polisi yang lain memilih bertahan di kediaman L.

Death Note 6116

Di sebuah tempat, tampak sejumlah pria berjas berkumpul mengelilingi Meja. Mereka sepakat untuk melakukan ‘penghukuman’ atas nama Kira. Dan kali ini target mereka adalah CEO Perusahaan Jason W, Jason Walterson. Siapa mereka sebenarnya?

BERSAMBUNG

Sampai jumpa di sinopsis Death Note episode berikutnya.

Picture and written by Kelana

FP: elangkelanadotnet twitter : @elangkelana_net

About Kelana

fulltime blogger, parttime tentor, dreamer

4 comments

  1. Hmm kira2 siapa ya kita ke 3 ?
    Klo di movieny kan pembawa berita apa bakalan sama ? Tp itu kok ramean gtu?Penasaran..
    Lanjut terus ya kak sampe last ep..semangat !!! 🙂

  2. Keep writing eon sinopsis death note versi dorama nya ^_^

Leave a Reply

Scroll To Top