Home / Death Note / SINOPSIS Death Note 02 part 1

SINOPSIS Death Note 02 part 1

Sinopsis Death Note episode 02 part 1. Adakah yang udah nungguin? Kelana ucapkan maaf dan terimakasih banyak yang udah setia nunggu synopsis drama satu ini ya. Jadi, buat yang ketinggalan bagian sebelumnya, bisa cek juga di Death Note episode 01 part 1 dan Death Note episode 01 part 2.

Manusia yang namanya tertulis dalam buku ini akan mati. Jika penyebab kematian ditulis dalam 40 detik setelah menulis nama orang tersebut, hal itu akan terjadi. Jika penyebab kematian tidak dispesifikasikan, orang tersebut hanya akan mati karena serangan jantung.

Death Note 2101

“Aku punya pengumuman untuk kalian. Berkat seseorang, hatiku terlindungi,” ujar Misa pada konser hari itu.

Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kecuali Misa sendiri dan juga KIRA. Sosok yang sudah menyelamatkannya.

Death Note 2102

Konser sudah selesai. Pada fans menunggu di luar. Tapi berbeda dengan Light dan temannya. Mereka memilih menjauh dari kerumuman.

“Hei, yang dia bicarakan saat konser menurutmu apa?” tanyanya pada Light.

“Entahlah,” ujar Light kalem.

Death Note 2103

“Bukankah yang dimaksud dirimu?” Ryuk tiba-tiba muncul di samping Light. “Kau membunuh orang yang telah membunuh keluarganya, ‘kan? Dengan Death Note…Sang pahlawan!” Ryuk begitu bersemangat meneriakkan kata ‘hero’ pada Light.

Light menutup mulutnya dan bicara berbisik, “Bukan aku, tapi Kira.”

“Kau adalah Kira. Kenapa tak memberitahunya saja?” Ryuk gemas. Ia lalu mulai bicara dengan gaya centil, seperti wanita. “Tidak mungkin! Kau Kira? Terima kasih! Cintailah aku! Begitulah katanya. Kau bisa melakukan apa saja padanya!” Ryuk memanas-manasi Light.

“Jangan menggodaku! Jika kulakukan, dia akan melaporkanku sebagai penguntit. Aku tak keberatan selama dia bahagia,” ujar Light kalem.

“Membuatku menangis!” Ryuk melunak. Ia lalu membahas soal penguntit yang selama ini mengikuti Light. Penguntit it uterus saja mengikuti Light kemana-mana beberapa hari ini. Seorang pria dengan wajah asing.

Death Note 2104

Misa dan teman-teman grupnya baru keluar dari gedung. Saat itu para fans semakin histeris meneriakkan nama Misa. Sebagian besar fans ini adalah laki-laki. Tapi ada satu orang yang nekat mengambil gambar Misa tanpa izin. Jelas Misa yang kaget justru ketakutan. Ia menutup wajahnya dari si pengambil gambar. Melihat hal ini, penjaga segera menarik pria yang mengambil gambar tanpa izin ini. Sementara itu, manager Misa menarik dan meminta Misa segera masuk ke dalam mobil dan meminta mereka segera pergi.

Si pengambil gambar tanpa izin tampak kesal. Kameranya ternyata jatuh dan patah. Ia melihat tajam ke arah si penjaga yang membahas lirikan itu tidak kalah tajam.

Death Note 2105

Light berjalan pulang dari acara konser Misa sendirian. Beberapa kali ia berhenti. Light mengeluarkan ponselnya, pura-pura mencari sinyal, padahal ingin melihat pria yang mengikutinya di belakang.

“Jika dia suruhan L, kenapa mengikutiku? Waktunya sudah kuubah, seharusnya mereka berpikir bukan pelajar pelakunya,” batin Light, heran.

Death Note 2106

Sampai di rumah, Light masih saja berpikir. Ia belum bisa mengeyahkan pikiran soal pria yang terus membuntutinya itu. Light ingat, jika sebelumnya ia mendapatkan informasi soal L dari salah satu polisi yang merupakan bawahan ayahnya. Menurut polisi itu, L curiga jika pelaku pembunuhan selama ini adalah seorang pelajar, dengan melihat waktu kematiannnya yang sebagian besar malam dan pagi hari.

“L mencurigai orang yang ada hubungannya dengan polisi. Sejauh mana dia tahu? Seberapa banyak dia mencurigaiku?” batin Light pula.

Death Note 2107

Yagami-san, ayah Light masih berada di kediaman L. Ia memperhatikan data-data yang dikumpulkan L, profil para polisi yang terlibat penyelidikan kasus ini dan juga keluarga mereka.

“Aku menugaskan FBI untuk mengikuti mereka, jika ada yang mencurigakan, kemungkinan besar mereka adalah Kira,” aku L.

“Keluargaku juga?” Yagami-san tampak tidak senang karena keluarganya juga dicurigai.

“Tentu. Mereka tersangka utamaku. Waktu kematian yang diubah agar tak terlihat sebagai pelajar, itu artinya kemungkinan besar dia pelajar. Saat kupikirkan kepribadian Kira, bisa saja dia putri yang berkemauan keras? Atau bisa saja dia putra yang tampan? Kau tidak tahu apa yang disembunyikan manusia—“ ujar L santai. Tapi ekspresi wajahnya berubah saat melihat noda di lengan putih bajunya. Ia segera meminta pelayannya, Watari untuk mengambilkan ganti.

L berkeras tidak mau mengeluarkan para keluarga polisi itu dari penyelidikannya. Yagami-san kesal dengan sikap L. Ditambah lagi L juga mengikutsertakan FBI dalam penyelidikan ini, tetapi tanpa ada izin dari pihak kepolisian Jepang. Yagami-san yang sudah benar-benar kesal akhirnya beranjak pergi.

Death Note 2108

Light mengintip dari jendela kamarnya di lantai dua. Pria asing yang mengikutinya masih ada di bawah sana. Saat itu ayahnya, Yagami-san masih belum pulang.

“Sampai kapan dia akan mengikutiku? Apa aku bisa kabur jika kuabaikan dia? Tapi, aku tak ingin berurusan dengannya. Aku harus bagaimana? Haruskah kubunuh? Tapi, aku tak bisa menggunakan Death Note jika tak tahu namanya,” gumam Light.

Death Note 2109

“Bicara sendirian itu buruk,” komentar Ryuk yang sudah asyik nangkring di atas tempat tidur Light dengan komik di tangannya. “Menurutku L sudah tahu tentang dirimu.”

“Kubilang diam!” bentak Light tidak suka.

Tapi Ryuk kembali memanas-manasi Light, “Bukankah ini gawat? Jika dia suruhan L, dia akan mempersulitmu. Kau akan dikejar, dan ditangkap, lalu dikirim ke tiang gantungan oleh L!”

Tapi Light tiba-tiba punya ide lain, “Hei, Ryuk. Setelah menulis nama, ada waktu untuk menulis penyebab kematian. Seberapa banyak aku bisa mengendalikannya?”

Tapi Ryuk cuek saja, “Entahlah. Shinigami hanya menulis nama manusia di situ. Kami tidak tahu hal lainnya.”

Light menggeser kursor di laptopnya. Sebuah nama muncul, Shiromi Masaaki. Meski dicurigai, kali ini Light justru ingin memanfaatkannya untuk mencari tahu sesuatu.

Death Note 2110

Pagi berikutnya.

Korban adalah Shiromi Masaaki, 36 tahun. Dihukum karena penculikan dan pembunuhan. Penyebab kematian serangan jantung. Tetapi selain itu, ada fakta lain. Di dinding ruangan sel si penjahat ditemukan gambar yang aneh. Polisi berdebat mengenai itu gambar apel atau tomat. Rupanya si penjahat Shiromi memotong jarinya lalu menggambar benda itu di dinding.

Death Note 2111

Ryuk membaca tulisan yang dibuat oleh Light, Shiromi Masaaki akan mati pukul 6 pagi pada tanggal 3 Juli 2015 setelah menggambar apel di dinding.

Tapi rupanya Light masih belum yakin. Tidak ada laporan yang muncul dalam berita soal gambar apel ini. Rupanya Light melakukan percobaan ini untuk memancing si pria asing keluar dan mengetahui namanya. Light juga ingin memanfaatkan si pria asing ini untuk membunuh L.

“Light-chan, hebat! Sekarang kau sudah setingkat dengan L?” ujar Ryuk semakin antusias.

Wajah Light berubah serius, “Untuk melindungi kedamaian dunia, harus kukurangi para kriminal. Karena itu tak kan kubiarkan Kira tertangkap. Aku akan bertarung dengan musuh yang bernama L. Jika ada yang menghalangi, akan kulenyapkan!” ujar Light mantap.

Death Note 2112

L asyik menonton drama lewat laptopnya saat pelayannya, Watari menegurnya. Tapi sebenarnya focus L bukan kesana. Ia juga tengah menyimak hasil penyelidikan terhadap kasus kematian terakhir. Pria yang berada di penjara dan meninggal karena serangan jantung setelah menggambar sebuah apel di dinding penjara.

Selain korban pertama yang menggambar apel, korban lain juga meninggal secara misterius di dalam penjara. Dia adalah terpidana mati Yatanaka Ken yang menggumamkan ‘menara Eiffel’ sesaat sebelum kematiannya. Korban lain di penjara berbeda, ia melarikan diri dari penjara dan ditemukan meninggal di kamar mandi. Semua dinyatakan meninggal karena serangan jantung.

Polisi berpikir jika pesan kematian dari kasus ini adalah ditunjukkan untuk mereka. Dengan kata lain, orang-orang itu mungkin punya hubungan dengan Kira.

Tapi rupanya L tidak sependapat. Tanpa izin L sudah ikut nimbrung dalam meeting di markas kepolisian, “Sayang sekali kau melenceng. Jika Kira di balik semua ini— Yah, tentu saja dia pelakunya. Kira-lah yang membuat semua ini. Untuk laporan kali ini, jangan menyebut apa pun kecuali “mati karena serangan jantung”.”

Baru saja L akan memberikan saran agar tidak bocor pada media, tapi informasi ini sudah lebih dulu bocor pada media.

“Sayang sekali. Kira mungkin menggunakan para narapidana untuk menguji sesuatu dan kalian malah memberinya jawaban.”

“Sebentar, L. Apa maksudmu dengan “menguji sesuatu”?” tanya Yagami-san.

L tampak berpikir, “Contohnya … Persiapan untuk melenyapkan orang yang menghalanginya? Aku, dan kalian semua di markas ini.” yang langsung ditanggapi heboh oleh para polisi. Tapi L masih melanjutkan kalimatnya dengan tenang, “Jika Kira menggunakan narapidana sebagai bahan percobaan, bagaimana cara dia membunuh kita?”

Death Note 2113

Light datang ke kampus dan mengikuti kuliah seperti biasa. Tapi Ryuk yang reseh malah mengganggunya hingga suara bentakan Light agar Ryuk diam justru membuat seisi kelas dan dosennya berbalik melihatnya. Light buru-buru minta maaf karena sudah mengganggu.

Light tengah asyik memperhatikan berita lewat layar ponselnya. Narapidana mati di penjara karena serangan jantung. Gambar apel di dinding? Kabur ke kamar mandi lalu mati. Kata misterius “Menara Eiffel” sebelum mati. Kematian karena serangan jantung berlanjut lagi… semuanya cocok seperti yang direncanakan oleh Light.

Death Note 2114

Light duduk sendirian di taman. Sementara itu, Ryuk justru mengganggu mahasiswa lain dengan mengambil apelnya. Apel yang melayang akhirnya membuat mahasiswa itu pingsan.

“Ryuk. Apa kau mendengarkanku?”

“Ya, rencana tentang nama yang mengikutimu?” Ryuk sudah santai di dekat Light.

“Dengan menggunakan penjahat keji yang nama dan wajahnya sudah kuketahui, mungkin aku bisa tahu namanya (nama pria asing yang mengikuti Light selama ini). Setelah kudapat namanya, aku tinggal menulis “dia membunuh L lalu mati”,” Light akhirnya membagikan rencananya.

“Dua burung dalam satu tembakan!” seru Ryuk senang.

“Tapi, aku perlu uji coba dulu,” wajah Light berubah serius. “Satu orang menggambar apel sama persis dengan yang kugambar. Satunya lagi kabur ke kamar mandi.”

“Lalu yang “mati di Menara Eiffel” ini gagal?” tanya Ryuk semakin tidak sabar.

Light tersenyum, “Aku sengaja menulis hal yang mustahil. Ini berarti, aku bisa memanipulasi seseorang selama masih dalam jangkauan mereka. Sekarang tinggal memikirkan cara menggunakan penjahat untuk mengetahui namanya.”

Death Note 2115

Yagami Siuchi-san melapor pada atasannya. Ia mengatakan soal L yang bekerjasama dengan FBI dalam penyelidikan ini tapi tanpa izin dari pemerintah Jepang. Yagami-san juga mengatakan soal L yang menyelidiki semua orang yang ada hubungannya dengan kasus ini, termasuk para keluarga polisi. L berpikir jika ada yang membocorkan informasi pada KIRA.

“Mereka melewati batas otoritas di negara kita. Aku akan bicara dengan atasan. Jangan bilang pada siapa pun. L telah melewati batas,” ujar si atasan.

Meski begitu, sepertinya tidak mudah menyingkirkan L dari penyelidikan ini.

Death Note 2116

Light pulang dari kampus bersama Ryuk di sampingnya. Ia pamit untuk bekerja sambilan. Tapi Ryuk justru menanyakan soal pria asing yang selama ini selalu mengikuti Light. Ryuk berharap Light segera membunuh pria itu saja.

Light memanfaatkan ponselnya. Seolah mencari sinyal, ia berputar berkeliling dan menemukan si pria asing ada tidak jauh darinya sedang (pura-pura) membaca buku. Dan Light seperti punya pemikiran lain, “Sepertinya L mencurigai seseorang yang ada hubungannya dengan polisi. Itu berarti bukan hanya aku saja.”

“Tapi dia mencurigaimu, ‘kan?” tanya Ryuk.

“Jika aku gegabah, dia akan makin curiga. Aku harus berhati-hati dengan waktu perencanaanku. Sedikit saja dicurigai, aku berhenti,” tegas Light. “Begini, aku tak ingin mengatakannya, tapi apel yang kuberikan padamu tidak gratis. Aku tak bisa membeli jika tak kerja,” balas Light saat Ryuk mulai ribut untuk segera menghabisi pria asing itu.

Ryuk pun tidak punya pilihan lain, “Kerja itu penting. Bekerjalah seperti biasanya!”

Death Note 2117

Light bekerja sambilan di kafe seperti biasa. Managernya berpikir jika Light tampak ceria malam itu. Malamnya, ia mulai memikirkan lagi rencana soal melenyapkan si pria asing dan juga L.

Sementara itu, si pria asing yang masih terus memantai Light dari bawah, asyik memainkan tabletnya. Ia memberikan laporan yang langsung diterima oleh L, tentang Light yang tampak ‘biasa saja’, tidak ada yang mencurigakan.

Hari berikutnya pun berjalan sama saja. Light berangkat ke kampus naik bis. Ia mempersilahkan seorang perempuan tua untuk duduk di kursinya sementara dirinya berdiri. Light mencuri pandang melihat pria itu yang ternyata masih saja mengikutinya dalam bis. Semua tampak biasa saja, tidak ada yang berubah atau berbeda.

Death Note 2118

Teman Light menghubungi dan mengingatkan soal konser Misa-misa. Light menolak karena ia harus belajar karena ujian untuk masuk jadi pegawai public sebentar lagi. Tapi, temannya ini terus mendesak. Akhirnya tidak punya pilihan lain, Light pun setuju untuk ikut.

“Misa-Misa itu seksi ya? Dia ceria sekali, sungguh ironi,” komentar Ryuk.

“Ironi?” Light tertarik dengan ucapan Ryuk ini.

Ryuk buru-buru menutup mulutnya. Rupanya ia keceplosan bicara “Aku memang banyak bicara, tapi ada hal yang tak bisa kubicarakan. Hukum shinigami.”

Light makin penasaran, “Akan kuberi 2 apel jika kau memberitahuku.” Bujuk Light lagi.

Ryuk akhirnya menyerah, “Baik, tapi jangan bilang siapa-siapa. Umurnya Amane Misa tinggal sebentar lagi. Hei, menurutmu kenapa shinigami menulis nama manusia di Death Note?”

“Karena hidup manusia tak ada artinya bagimu?” tebak Light asal.

Tapi Ryuk menggeleng, “Shinigami hidup dengan mengambil sisa umur manusia. Contohnya, manusia yang berumur 60, tapi kutulis di Death Note dia meninggal pada umur 40. 20 tahun sisa umurnya akan ditambahkan ke dalam umurku. Menurutmu bagaimana shinigami tahu nama manusia? Karena mataku dapat melihat nama dan sisa umur mereka yang mengambang di atas kepalanya. Kebetulan aku melihatnya saat di konser. Aku melihat sisa umur Misa tinggal 5 hari lagi,” cerita Ryuk panjang lebar.

Light kaget dengan ucapan shinigami-nya ini. “Itu berarti…Dalam 43 jam, dia akan mati.” (konser Misa sudah beberapa hari yang lalu, jadi sisa umur Misa sekarang tinggal hitungan jam saja). Tapi Light masih belum menyerah, “Tapi, dia sehat-sehat saja!”

“Tidak harus sakit,” elak Ryuk cepat. “Dia bisa mati karena kecelakaan atau insiden kekerasan, ‘kan?”

Death Note 2119

Misa baru saja menyelesaikan pekerjaannya di sebuah gedung. Di depan, si penjaga seperti biasa menyapanya. Misa pun masuk ke dalam taksi dan beranjak pergi. Sementara itu, si pria yang pernah mengambil foto Misa juga ada di sana. Jelas sekali ia masih penasaran dengan Misa. Dan bisa jadi si pria ini adalah penguntit Misa. Si penjaga yang mengenali si pria bertopi memandangnya tajam. Si pria bertopi pun memilih pergi.

Death Note 2120

Light berdiri di depan gedung tempat biasa Misa konser. Ia memandangi poster misa bersama rekan setimnya di Ichigo Berry yang berpose ceria.

“Kenapa dunia begitu tidak adil?” gumam Light.

“Jangan gegabah, ya? Salah langkah dan L akan menangkapmu,” Ryuk mencoba mengingatkan.

“Tak perlu kau beritahu. Aku mengerti.”

Death Note 2121

Light nongkrong bersama teman-teman sekelasnya di taman kampus. Mereka masih asyik membahas soal Kira. Meski begitu, Light tampak tidak memperhatikan. Pikirannya ada di tempat lain.

Salah satu teman Light mengingatkan soal konser grup Misa, Ichigo Berry minggu depan. Ia mengingatkan Light untuk datang.

Minggu depan Amane Misa tidak ada di sana. Tak ada seorang pun yang tahu. Hanya aku yang tahu,” gumam Light dalam hati. Tapi ia mengiyakan ajakan temannya untuk datang ke konser Misa. Pura-pura tidak tahu. Aku bisa menyelamatkannya, meski tanpa kekuatan Kira. Aku bisa. Gumam Light dalam hati, begitu yakin. Apa yang akan dilakukan Light?

Death Note 2122

Light kerja sambilan seperti biasa. Kali ini managernya mengatakan jika malam itu mereka akan sibuk karena ada yang memesan tempat untuk pesta.

“Anu, bos. Sejujurnya…” Light minta izin.

Death Note 2123

Markas kepolisian

Yagami Souichiro-san membaca kertas di depannya. Dalam surat itu disebutkan jika ia dipindahkan dan bertugas sebagai Kepala Penanggulangan Kira. Itu artinya, secara tidak langsung ia dibuang oleh tim.

Tidak lama setelahnya, rekan-rekannya datang. Saat ditanya apakah dirinya setuju dan menerima mandat dalam surat itu, Yagami-san tanpa ragu mengiyakannya.

“Kira mungkin tak hanya membunuh penjahat. Ada kemungkinan dia akan membunuh polisi. Tak ada jaminan kau akan selamat,” rekannya mengingatkan.

Tapi Yagami-san tidak peduli. Keputusannya sudah mantap. Bahkan saat rekan-rekannya ini berniat bergabung, ia justru menolak. Yagami-san lalu berdiri dan beranjak pergi.

Death Note 2124

Yagami-san datang ke kediaman L.

“Penanggulangan Kira?” tanya L.

“Mulai sekarang kita akan menyelidiki Kira, baik sendirian maupun bersama tim,” ujar Yagami-san tegas.

“Anggotanya siapa saja?” tanya L lagi.

“Hanya aku saja.”

“Sepertinya tidak,” sambung Watari. Ia mengacu pada kamera pengawas di depan lobby hotel. Tampak sejumlah orang.

BERSAMBUNG

Sampai jumpa di Death Note episode 02 part 2.

Picture and written by Kelana

Posting at www.elangkelana.net

Kelana’s note:

Haruskah Na memilihkan gambar-gambarnya yang fan-service? Hehehe … banyak yang tertarik pada sosol L versi drama ini. Selain karakternya yang lebih charming dan ceria, sosok Yamazaki Kento yang muda dan tampan juga menarik perhatian. Jadi, haruskah Na memilih gambar saat Yamaken sedang #gantengModeOn? #fanServiceModeOn #RadarFanGirlModeOn

Bonus pictures, fangirl mode on

Fan service 2 Fan service 3 Fan service 4 Fan service 5 Fan service 6 Fan service 7 Fan service 1

About Kelana

fulltime blogger, parttime tentor, dreamer

7 comments

  1. Keep writting ahahahaha like

  2. Aaaaaaaaaaaaasssssssssah itu cantik bgt L -.- g cakep, cantiiiik

  3. Meleleh liat L …

Leave a Reply

Scroll To Top