Home / Inspirasi / INSPIRASI – Japan’s Festival part 1

INSPIRASI – Japan’s Festival part 1

elangkelana.com– Selain terkenal karena etos kerja masyarakatnya yang tinggi, Jepang juga dikenal dengan kekayaan budayanya. Salah satunya festival yang diadakan rutin di seantero Jepang. Berikut beberapa listnya:
Shimokita Tengu Matsuri
Shimokita Tengu Matsuri atau Festival Goblin hidung panjang diadakan di Kuil Shinryuji dan juga di sekitar area belanja di Shimokitazawa, Setagaya-ku. Pada hari ke-28, Mamemaki, melakukan upacara pembuangan kacang, yang diadakan pada siang hari sekitar pukul 1.30 dengan peserta 200 orang anak di jalan dekat pintu utara stasiun Shimokitazawa. Parada tengu, pria dengan topeng dan berhidung merah panjang, dimulai dari kuil Shinryuji pada pukul 2 siang dan melewati jalanan pusat belanja sambil membuang kacang dan kembali ke kuil, dimana Mamemaki diadakan di halamannya dari pukul 4 sore.
Setsubun, upacara tradisional untuk mengusir setan (3 Feb)
Setsubun adalah upacara tradisional untuk mengusir setan, dan diadakan di nyaris seluruh kuil di Jepang. Menurut kalender bulan, Setsubun menandakan hari terakhir musim dingin. Orang-orang datang ke kuil untuk mendapatkan kacang keberuntungan yang disebar oleh biksu sambil mengatakan “Fuku wa uchi, oni wa soto!” (Keberuntungan datang, kejahatan pergi!) untuk mengusir setan. Mamekaki dijadwalkan diadakan di beberapa kuil berikut di Tokyo, seperti Kuil Sensoji di Taito-ku, kuil Gokokuji di Bunkyo-ku, dan kuil Hie di Chiyoda-ku.
Daruma-kuyo (3 Februari)
Daruma-kuyo merupakan monimen peringatan di kuil Nishi-Arai Daishi, Adachi-ku. Saat orang yang membuat permohonan dikabulkan, mereka akan menggambar boneka Dharma. Biksu akan melayani para pengunjung sekitar pukul 11.30 hingga 12.00
Setsubun Mamemaki-shiki (3 Februari)
Setsubun Mamemaki-shiki di kuil Takahata Fudoson, Hino di daerah pinggiran Tokyo dilakukan pada pukul 10.00, 11.00, 13.00, 15.00 dan 16.00. Mereka juga menjual boneka Dharma di sekitar kuil.
Sohei-Gyoretsu (3 Februari)
Sohei-Gyoretsu, dilakukan di kuil Hosenji, Nakano-ku. Sekitar 100 biksu dan orang suci mengenakan kostum dan meninggalkan kuil Meitoki Inari pada pukul 3.30 sore menuju kuil Hosenji dan tiba sekitar pukul 4 sore. Upacara mamekaki dilakukan di sekitar kuil pada 4.30 sore.
Hatsu-uma, festival hari pertama di tahun Kuda (4 Februari)
Hatsu-uma, festival hari pertama di tahun Kuda diadakan di kuil Toyokawa Inari Betsuin, Minato-ku. Dibuka sejak pukul 9 pagi hingga 4 sore.
Eits … ternyata banyak ya. Tapi masih ada lebih banyak lagi. Sampai jumpa di bagian kedua dari list festival Jepang ^_^
Sumber : japantimes

About Kelana

fulltime blogger, parttime tentor, dreamer

Leave a Reply

Scroll To Top