Home / Inspirasi / Inspirasi – Saatnya Jalan-Jalan di Negeri Sakura

Inspirasi – Saatnya Jalan-Jalan di Negeri Sakura

elangkelana.com – Ingin menikmati negeri empat musim? Jepang bisa menjadi salah satu tujuan yang menarik untuk dipertimbangkan. Sayangnya, hal ini tidak mudah bagi muslim yang secara jumlah memang masih minoritas di Jepang. Muslim akan kesulitan dalam mencari tempat ibadah dan juga makanan yang dijamin kehalalannya.

Tapi sepertinya ini tidak akan menjadi masalah lagi, karena pemerintah Jepang telah meluncurkan panduan wisata halal melalui situs resminya. Panduan itu dapat diunduh, berisikan daftar restauran, kedai serta toko penyedia makanan halal bagi traveler muslim. Pun tersedia daftar masjid. Baik di Tokyo, ataupun di kota-kota lain semisal Osaka dan Kyoto. Lengkap dengan alamat, nomor telepon serta website jika ada.

Selain informasi jenis masakan (masakan Asia atau Timur Tengah, misalnya), informasi ini juga dibuat mencakup 4 kriteria. Traveler dapat memilih berdasarkan preferensi masing-masing. Ada restoran yang chef/pemiliknya seorang muslim. Ada yang sama sekali tidak menyajikan alkohol, ada yang memastikan dagingnya halal serta ada yang menyediakan makanan vegetarian.

Nah silahkan deh pilah pilih, mana yang sesuai dengan destinasi. Klik panduan wisata halal di Jepang (PDF) .

Asyik kan? Jika ada panduan lengkap seperti ini, muslim tidak perlu merasa takut atau khawatir untuk mengunjungi berbagai tempat maupun menikmati makanan di Jepang. Dan ada satu tambahkan lagi, selain meluncurkan panduan lengkap muslim traveling, pemerintah Jepang juga sudah mulai memperkaya bandara dengan tempat ibadah bagi muslim. Ini adalah salah satu bentuk usaha pemerintah Jepang untuk menarik wisatawan dari negara-negara muslim, seperti Indonesia. Jadi, selamat jalan-jalan ^_^

About Kelana

fulltime blogger, parttime tentor, dreamer

2 comments

Leave a Reply

Scroll To Top