Home / Inspirasi / Kokoro no Tomo season 1 episode 1

Kokoro no Tomo season 1 episode 1

~ Kreativitas yang menambah nilai suatu budaya ~
Konichiwa minna-san …
Kelana kembali dengan postingan mengenai Kokoro no Tomo. Semoga ga bosen nungguinnya ya, hehe ^_^ enjoy
~ Kreativitas itu tidak bisa muncul sendiri. Perlu dilatih, diasah dan dilakukan secara terus menerus. ~
Lokasi : Tokyo Game Show 2012
Tokyo Game Show adalah salah satu pameran game terbesar di Jepang, ada sekitar  209 perusahaan yang berasal dari 19 negara yang turut serta. Dan di tahun 2012 ini ternyata Indonesia juga ikut menjadi salah satu pesertanya. Karena acaranya pameran game, jadi jangan heran kalau bertebaran sangat banyak stand-stand game dari berbagai negara peserta.

Perusahaan game Indonesia yang ikut serta bernama Altermyth. Meski baru pertama kali ikut serta, game asal Indonesia Game Pancipon Fishing ternyata juga diminati para pengunjung dari Jepang dan berbagai negera lain.
Komentar orang Jepang atas game buatan Indonesia ini : mudah dimainkan dan memiliki karakter lucu.
Bangga ya, ternyata Indonesia punya sesuatu yang mendunia juga? Hehehe …
Masih di tempat yang sama, selain pameran game, yang tidak boleh ketinggalan adalah cosplay. Cosplay dapat diartikan hoby mengenakan pakaian serta aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh anime.
Orang-orang yang berdandan ala anime ini sering disebut cosplayer. Tidak tanggung-tanggung, mereka sering berdandan total mirip tokoh anime yang ditiru, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jadi berasa masuk ke dunia anime gto ^_^ mau coba? Tokoh anime apa yang pengen kamu tiru?
Lokasi : Nippon Enginering Collage
Ada salah seorang mahasiswi asal Indonesia, bernama Triska Sarwono yang ternyata tengah menimba ilmu di universitas ini, dengan jurusan manga-animation. (Kelana’s note : tamannya keren, gedungnya keren+bersih, suasanya belajarnya asyik, sumpeh bikin mupeng)
Salah satu karya Triska ini adalah karakter anime dengan ciri budaya Indonesia. Terlihat kostum dan juga latar belakang yang sangat Indonesia. Selain dibuat melalui komputer, ada juga yang dibuat di kelas manga. Yakni digambar langsung menggunakan tangan. Dan hasilnya pun tidak kalah keren.
Keunikan manga jepang : orang Jepang sangat cinta budayanya, style manga jepang sangat berbeda dengan manga umumnya, karakter manga Jepang biasanya kawaii-manis.
Tips dari Triska : bangga dan jangan malu dengan budaya Indonesia, karena budaya Indonesia sebenarnya kaya. Kalau ingin tampil mencolok dan beda, gunakan ciri budaya Indonesia, yang tidak dipikirkan oleh orang dari negara lain.
Komentar Sato Hiroshi-san, salah satu pengajar Anime di Nippon Enginering Collage atas hasil karya Triska:
Triska memasukkan unsur budaya Indonesia dalam desain kostum karakternya. Dan ini sangat menarik. Dengan memasukkan unsur desain budaya, dari negara sendiri, seperti yang dilakukan Triska, maka karyanya memiliki ciri khas yang sangat unik dan tidak bisa dilakukan oleh mahasiswa negera lain. Ini sangat penting dalam hasil akhir sebuah karya.
Kelana’s note:
Inget donk sama anime ato komik silat asal Indonesia? Anak-anak jaman sekarang mungkin banyak yang ga tau, soalnya udah juadul beud. Seperti wiro sableng, si buta dari goa hantu, lalu serial silat Ko Ping Ho, dll. Itu semua hasil karya komikus Indonesia asli lho. Itu bukti kalau sebenarnya Indonesia pun kaya dan tidak tertinggal. Sayangnya saat ini komik-komik asli Indonesia banyak yang tenggelam alias tidak terkenal. Ayo … mulai nikmati kembali karya  negeri sendiri.
Lokasi : Galeri Setagaya 233 Tokyo
Kali ini yang dikunjungi adalah galeri salah seorang ilustrator terkenal, Mayumi Rie. Koleksinya bermacam macam. Mulai dari pernak-pernik kecil, lalu gambar ilustrasi dan lukisan dengan berbagai karakter. Ciri karya Mayumi Rie adalah pesan “senyuman pada dunia”, sehingga banyak koleksi karyanya bertema senyum. Idenya diperoleh dari berbagai hal, misalnya saat berlibur ke Indonesia dan datang ke negera-negara lain.
Lokasi : Akihabara Station
Kereta di Jepang selalu tepat waktu, jadi sebaiknya kalau bisa hindari naik kereta di jam sibuk. Bisa dipastikan kereta pasti penuh sesak. Kereta adalah alat transportasi utama di Jepang. Di jam-jam sibuk, kadang petugas stasiun bahkan mendorong para penumpang agar dapat masuk dan terangkut kereta.
Kelana’s comment: ada yang punya pengalaman naik kereta listrik atau commuter line kalau yang di Jakarta-Bogor, atau naik Prambanan Ekspres kalau di Jogja? Seperti itulah kira-kira. Penuh sesak nyaris sulit bernafas. Tapi fasilitas kereta di Jepang baik, jadi meski sesak, orang tetap mau menggunakannya. So, kenapa ga, kita gunakan fasilitas umum secara bijak di Indonesia? Ambil hikmahnya donk, jangan merusak fasilitas umum supaya ga perlu merasa ga nyaman naik kendaraan umum. Bisa hemat BBM pula, how?
Lokasi : toko elektronik di Akihabara, Technologia Tokyo
Toko ini adalah salah satu pusat elektronik di Akihabara. Disini dijual berbagai macam perlengkapan dan aksesoris robot, mulai dari kabel, chip, microcomputer hingga pernak-pernik lainnya.
~ Modernitas cerminan sebuah bangsa. Akar adat budaya dan tradisi warisan leluhur. Panorama alam nan mempesona. Gaya hidup dan inspirasi bagi dunia. Negeri asal samurai yang selalu menarik untuk dicermati.  ~
Note:
Di Jepang, komunikasi ditunjang ponsel dan kartu telepon tersendiri. Dulu, turis atau pendatang dari luar negeri hanya bisa menyewa kartu ataupun kartu dan ponselnya. Tapi saat ini sudah ada provider yang menjual kartu maupun ponselnya. Layanan ini bisa diperoleh di Bandara Narita, Jepang dalam bahasa Inggris. Jadi jangan takut tidak bisa menghubungi keluarga saat baru tiba di Jepang ^_^
Kelana’s note:
Rasanya ga akan puas kalau jalan-jalan di Jepang hanya sekitar 16 menit-an. Tapi ada banyak yang dapat diambil hikmah dan pembelajarannya. Jadi orang Indonesia jangan malu dan harus bangga dengan budaya sendiri. Banyak orang asing yang mempelajari budaya Indonesia, kenapa kita yang orang Indonesia sendiri malah ogah mempelajarinya? Tunjukkan kalau Indonesia itu kaya dan layak diperhitungkan di dunia. Ayo … cintai budaya sendiri ^_^
Sampai jumpa di tulisan lainnya. (maaf klo tulisannya masih amburadul, hehe)
Picture and written by Kelana

About Kelana

fulltime blogger, parttime tentor, dreamer

Leave a Reply

Scroll To Top